PPNIPRODYDIY

Posbindu ‘Ceria 1’ Kampanyekan Makan Sayur dan Buah

Posbindu ‘Ceria 1’ Kampanyekan Makan Sayur dan Buah

Guna mengendalikan peningkatan jumlah penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) di tengah masyarakat, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) ‘Ceria 1’ di Pedukuhan Sempu, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah mengkampanyekan gerakan makan sayur dan buah. Kampanye tersebut dilakukan dengan menggelar lomba masak berbahan sayuran lokal serta makan sayur dan buah bagi peserta kegiatan Posbindu, beberapa waktu lalu di balai dusun setempat.
Menurut ketua Posbindu ‘Ceria 1’ Karyani SPd, jumlah penderita PTM di Pedukuhan Sempu cukup tinggi. Sebagian besar merupakan penderita hipertensi, diabetes mellitus dan kolesterol. Ditengarai, penyebabnya adalah pola makan yang kurang tepat. Tingkat konsumsi sayur dan buah sangat rendah.
“Rata-rata masyarakat makan sayur hanya 2-3 porsi sehari. Sebagian besar tidak pernah makan buah. Padahal idealnya per hari lima porsi untuk sayur dan buah. Masyarakat lebih suka makan daging atau telur yang kandungan kolesterolnya tinggi,” terang Karyani.
Oleh karenanya, tutur Karyani, pihaknya bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat untuk menggalakkan penanaman sayuran dan buah-buahan di pekarangan warga. Kegiatan itu dimaksudkan agar konsumsi sayur dan buah meningkat sehingga tren peningkatan kasus PTM terkendali.
Pembina Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Lendah I Emi Indrayati SST mengatakan, terdapat dua PTM yang di wilayahnya kasusnya cukup tinggi, yakni hipertensi dan diabetes mellitus (DM). Dalam beberapa tahun terakhir, dua jenis penyakit tersebut selalu masuk 10 besar jumlah kunjungan ke Puskesmas.
Menurut perawat di Puskesmas Lendah I ini, Posbindu merupakan lembaga yang efektif untuk mendeteksi dan merngendalikan tren PTM secara dini. Bukan hanya hipertensi dan DM saja, namun juga penyakit lain yang diakibatkan oleh pola hidup dan pola makan yang kurang sehat namun belum disadari  oleh masyarakat.
“Selain mengkonsumsi sayur dan buah, langkah preventif terhadap kasus PTM adalah aktivitas fisik selama 30 menit per hari dan pemeriksaan rutin minimal enam bulan sekali. Tiga kegiatan tersebut akan kami kampanyekan secara intensif di semua Posbindu dengan melakukan kegiatan konkret yang melibatkan partisipasi masyarakat dan pihak-pihak terkait,” imbuh Emi.
   


Pemeriksaan rutin oleh petugas Posbindu

Petugas dari Puskesmas Lendah 1 mensosialisaikan pentingnya makan sayur dan buah kepada peserta Posbindu Ceria 1


Tim yuri dari PKK Kecamatan Lendah dan PKK Desa Bumirejo menilai lomba masak sayur berbahan lokal yang digelar Posbindu Ceria 1. Lomba tersebut merupakan rangkaian kampanye untuk makan sayur dan buah bagi warga sekitar

Share this:

No comments